Sunday, November 21, 2010

Universitas Indonesia Raih Peringkat 50 Perguruan Tinggi Terbaik se-Asia

Universitas Indonesia Raih Peringkat 50 Perguruan Tinggi Terbaik se-Asia

 
TEMPO Interaktif, Depok - Universitas Indonesia berhasil menempati peringkat 50 dalam jajaran 200 perguran tinggi terbaik se-Asia. Hasil ini berdasarkan pemeringkatan yang dilakukan Asian University Ranking-QS.com.

Kepala Kantor Komunikasi UI Vishnu Juwono mengatakan hasil ini sama dengan hasil tahun lalu di mana UI juga menempati peringkat yang sama. “Tahun 2009 lalu, UI juga menempati peringkat yang sama yakni 50,” katanya, Sabtu (15/5).
Menurutnya, kemampuan UI mempertahankan prestasi ini karena sepanjang 2009 sivitas akademika UI berhasil membuahkan 10.050 riset yang dipublikasikan di jurnal nasional maupun internasional.

Vishnu menjelaskan QS melakukan pemeringkatan berdasarakan empat kriteria, yakni kualitas riset, kualitas pengajaran, penerimaan lulusan di dunia kerja, dan internasionalisasi kampus.

Adapun pemeringkatan berdasarkan subyek, untuk bidang art dan humanities, UI meraih peringkat 18. Di bidang life sciences dan biomedicine peringkat 27, natural sciences peringkat 44, social sciences peringkat 23, serta IT dan engineering peringkat 50.

Selain UI, masih ada empat universitas lagi di Indonesia yang berhasil masuk ke pemeringkatan ini. Di antaranya Universitas Gadjah Mada peringkat 85, Universitas Airlangga peringkat 109, Institut Teknologi Bandung peringkat 113, dan Institut Pertanian Bogor peringkat 119.

No comments:

Post a Comment